PERINTAH DASAR SQL

Salam damai, masih dengan laporan praktikum DBD yang berlanjut pada bab III dengan judul PERINTAH DASAR SQL. Nah dari judul tersebut kita pasti sudah terbayang apa yang akan kita bahas lebih lanjut pada bab ini. Sekilas info 😀 , dalam bab ini akan dibahas query-query yang digunakan untuk membuat tabel, memanipulasi tabel, primary key, foreign key, relasi, input data, menampilkan data, memodifikasi, mengurutkan data dan lain-lain. Kebyang kan ?? 😎 …. selanjutnya check this out gaes !

1. LANDASAN TEORI

APA ITU SQL : ?

SQL merupakan singkatan dari Structured Query Language. SQL atau juga sering disebut sebagai query merupakan suatu bahasa (language) yang digunakan untuk mengakses database. SQL dikenalkan pertama kali dalam IBM pada tahun 1970 dan sebuah standar ISO dan ANSII ditetapkan untuk SQL. Standar ini tidak tergantung pada mesin yang digunakan (IBM, Microsoft atau Oracle). Hampir semua software database mengenal atau mengerti SQL. Jadi, perintah SQL pada semua software database hampir sama.

Terdapat 3 (dua) jenis perintah SQL, yaitu DDL, DML dan DCL.

• DDL (Data Definition Language)

DDL merupakan perintah SQL yang berhubungan dengan pendefinisian suatu struktur database, dalam hal ini database dan table. Beberapa perintah dasar yang termasuk DDL ini antara lain :

o CREATE

o ALTER

o RENAME

o DROP

• DML (Data Manipulation Language)

DML merupakan perintah SQL yang berhubungan dengan manipulasi atau pengolahan data atau record dalam table. Perintah SQL yang termasuk dalam DML antara lain :

o SELECT

o INSERT

o UPDATE

o DELETE

• DCL (Data Control Language)

DCL (bukan BCL) merupakan perintah SQL yang berhubungan dengan pengaturan hak akses user MySQL, baik terhadap server, database, tabel maupun field. Perintah SQL yang termasuk dalam DCL antara lain :

o GRANT

o REVOKE

Namun pada praktikum kali ini kita akan membahas lebih dala mengenai DML, check this out gaes 😀

2. HASIL PRAKTIKUM

Nah pada laporan ini saya akan mencoba sesuatu yang tidak mainstream, biasanya saya menggunakan MySQL pada localhost namun sekarang saya akan menggunakan command prompt, sebelum kita memulai akan saya tunjukan bagaimana mengakses msql melalui command promt ini. Pertama buka command prom dan ketikkan cd c:\xampp\mysql\bin [enter] dibelakang nama user komputer yang tertera pada command prompt. Setelah berhasil ketik mysql –u root, gunakan mysql -u namaUser -p [enter] jika menggunakan user yang pernah dibuat setelah enter, kemudian masukkan passwordnya kemudian enter lagi. Langkah selanjutnya kita koneksikan ke database agar data tabel yang kita inputkan dapat ditampung pada database tersebut, caranya use namadatabase; [enter].

Membuat tabel

MySQL

Membuat tabel fakultas

Membuat tabel mahasiswa

POSTGRESQL

Membuat tabel fakultas

Membuat tabel mahasiswa

Memasukkan data

Sebelum kita memasukkan data ingat bahwa tabel fakultas merupakan tabel referensi dari tabel mahasiswa, sehingga kita terlebih dahulu harus menginputkan data pada tabel fakultas kemudian setelah itu barulah tabel mahasiswa. Berikut querynya :

MySQL

POSTGRESQL

Setelah itu masukkan data pada tabel mahasiswa.

MySQL

POSTGRESQL

Menampilkan data

Untuk menampilkan data printah SQL yang digunakan adalah select, seperti berikut :

MySQL

POSTGRESQL

Menampilkan data mahasiswa bedasarkan nim salah satu mahasiswa, jadi yang muncul nant adalah data satu mahasiswa saja yang di akses.

MySQL

POSTGRESQL

Menampilkan data mahasiswa dan fakultas. Ambil berdasarkan nim, nama mahasiswa, nama fakultas.

MySQL

POSTGRESQL

Menghapus data

Untuk menghapus data pada tabeltentu query yang digunakan adalah delete.

Menghapus data mahasiswa yang memiliki nim 13, berikut querynya :

MySQL

POSTGRESQL

Mengubah data pada tabel, seperti alamat mahasiswa = solo dan no telp = 0857688788 pada mahasiswa yang memiliki nim = 12, query yang digunakan adalah update.

MySQL

POSTGRESQL

Mengurutkan data ( ascending dan descending )

Pada pengurutan terdapat dua pengrutan yaitu ascening dan descending. Ascending adalah pengurutan dari yang terkecil hingga terbesar sedangkan descending adalah sebaliknya.

Sekarang kita akan mengurutkan data mahasiswa dari yang terbesar ke yang terkecil atau kita melakukan descending berdasarkan nim mahasiswa dengan menggunakan select. Berikut querynya :

MySQL

POSTGRESQL

Sekarang kita akan menampilkan seluruh data dari mahasiswa dan fakultasnya, disini kita melakukan cross over dengan menyamkan query akhir yakni mahasiswa.id_fak=fakultas.id_fak agar data yang akan kita tampilkan tidak ada perulangan.  check it out gaes 😀

MySQL

POSTGRESQL

Selanjutnya menampilkan data dari fakultas dengan cara ascending tetapi berdasarkan kolom ke dua.

MySQL

POSTGRESQL

Selanjutnya menampilkan data seluruh mahasiswa yang berada di fakultas “SAINTEK”, berikut querynya :

MySQL

POSTGRESQL

Selanjutnya menampilkan data mahasiswa yang tidak berada pada pada fakultas SAINTEK, struktur query yang kita gunakan hampir sama seperti menampilkan seluruh mahasiswa yang berada pada fakultas SAINTEK tetapi pada kondisi terakhir kita menggunakan tanda seru sebelum tanda sama dengan yang berarti tidak sama dengan.

MySQL

POSTGRESQL

Menghapus data

Menghapus data fakultas SAINTEK, namus sebelum menghapus data SAINTEK dari tabel fakultas terlebih dahulu kita harus menghapus data pada tabel mahasiswa. Karena tabel fakultas menjadi referensi dari tabel mahasiswa, maka terlebih dahulu kita menghapus SAINTEK dari tabel mahasiswa. Berikut querynya :

MySQL

POSTGRESQL

3. PERBANDINGAN

Perbandingan struktur query pada perintah dasar sql antara postgreSQL dengan MySQL memiliki banyak kesamaan. Struktur query yang digunakan pada postgreSQL juga dapat diterapkan pada MySQL. Seperti ketika kita membuat tabel, query yang digunakan pada postgreSQL  create table fakultas (id_fak int primary key, nama_fak varchar(10)); begitupun pada MySQL create table fakultas (id_fak int primary key, nama_fak varchar(10));. Kemudian pada perintah yang lain insert, upgrade, delete dan lain-lain.

4. KESIMPULAN

Dari pengplikasian query yang telah kita lakukan diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa hampir semua query DML antara postgreSQL dan MySQL sama terbukti dari perintah-perintah dasar mulai dari select, update, insert, delete dan lain-lain yang iterapkan pada postgreSQL juga digunakan pada MySQL.

5. DAFTAR PUSTAKA

http://id.wikipedia.org/wiki/SQL

 Modul praktikum DBD Bab III.pdf

http://achmatim.net/2009/12/09/pengenalan-perintah-dasar-sql-di-mysql/

http://waryantosite.blogspot.com/2013/06/perintah-dasar-mysql-dengan-command.html

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s